Fakta Mengenai Kota La Paz, Bolivia Yang Menjadi Ibu Kota Tertinggi di Dunia - AYUK TRAVELING

Breaking


AONQQ KAKIQQ IBLISQQ BWINQQ

Post Top Ad

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Saturday, May 9, 2020

Fakta Mengenai Kota La Paz, Bolivia Yang Menjadi Ibu Kota Tertinggi di Dunia


5 Fakta Kota La Paz, Bolivia yang Jadi Ibu Kota Tertinggi di Dunia

La Paz yang merupakan sebuah ibu kota dari negara Bolivia secara de facto yang letaknya berada di tengah pegunungan Andes dan berada di bagian barat negara terkunci ini. Karena yang letaknya berada di area dataran tinggi, tentunya saja kota dengan penduduk metropolitan sebesar 2.3 juta jiwa ini menyimpan berbagai macam keunikkan tersendiri beserta tradisi masyarakatnya yang begitu sangat khas. Selain itu, kota ini tentunya saja menyimpan berbagai fakta menarik di dalamnya yang memang perlu untuk kalian ketahui. Nah, untuk kalian yang ingin mengetahui apa saja fakta menarik dari ibu kota Bolivia ini, maka simak dibawah ini ya.


Menjadi ibu kota negara tertinggi yang ada di dunia

5 Fakta Kota La Paz, Bolivia yang Jadi Ibu Kota Tertinggi di Dunia

Bolivia yang merupakan ibu kota negara Bolivia secara de facto karena menjadi pusat pemerintahan sekaligus pusat perekonomian negara ini. Kota yang berbatasan langsung dengan El Alto ini menjadi ibu kota tertinggi di dunia yang berada pada ketinggian lebih dari 3.650 meter dari permukaan laut. Meskipun demikian, ibu kota negara Bolivia secara konstitusional berada di sucre yang letaknya ada di tengah negara ini dan memiliki berbagai bangunan khas di dalamnya. 


Kota yang bersuhu dingin di negara beriklim tropis

5 Fakta Kota La Paz, Bolivia yang Jadi Ibu Kota Tertinggi di Dunia

La pAz memang terletak di area dataran tinggi dan tentunya membuat kota ini memiliki suhu udara yang sejuk dan cenderung dingin. Bahkan kota ini memiliki suhu rata-rata dibawah 10 derajat celcius selama 8 bulan dalam 1 tahun, meskipun secara geografis termasuk negara yang beriklim tropis. Terkadang pada pertengahan tahun tiba di bulan Mei hingga dengan Agustus suhu terendahnya bisa mencapai -1 derajat celcius. Bahkan pada tahun 2011, La Paz dan Departemen Potosi pernah di guyur hujan salju terlebat sejak 20 tahun terakhir. bwinq.asia


Memiliki kereta gantung terpanjang di dunia

5 Fakta Kota La Paz, Bolivia yang Jadi Ibu Kota Tertinggi di Dunia

Keunikkan berikutnya yang ada di kota ini ialah adanya kereta gantung terpanjang di dunia yang dipergunakan sebagai moda transportasi umum. Kereta gantung yang bernama Mi Teleferico tersebut melayani di Kawasan metropolitan La Paz-El Alto dengan panjangnya mencapai 10 km pada awal diresmikan pada tahun 201. Pada saat ini panjang lintasan kereta gantung tersebut sudah mencapai 16 km dan akan ditambahkan mencapai total 32.7 km dengan sekitar 10 trayek lintasan. Disamping itu, kereta gantung menjadi alat transportasi yang sesuai dengan kondisi geografis kota ini yang berupa pegunungan.


Memiliki jam yang berputar balik

Jarum Jam yang Berputar ke Arah Berlawanan - kumparan.com

Kota la Paz juga memiliki keunikkan lainnya, yang dimana adanya jam yang berputar balik. Umumnya ham berputar dari kiri ke kanan, namun disalah satu gedung kongres di kota ini justru sebaliknya yang dari kanan ke kiri. Pembuatan jam yang berputar balik ini diperuntukkan sebagai penghormatan dan pengingat untuk masyarakat local akan budaya leluhur mereka sebelum masa kolonial. kokiqq1.biz


Adanya Zebra di jalanan La Paz

5 Fakta Kota La Paz, Bolivia yang Jadi Ibu Kota Tertinggi di Dunia

Salah satu hal yang menarik ketika berkunjung ke La Paz adanya zebra yang berkeliaran di jalanan dan mengatur lalu lintas. Namun zebra ini bukanlah sebuah binatang zebra yang sesungguhnya alias hanyalah seorang yang berkostum zebra dan mereka udah menjadi salah satu keuniikan dari kota ini. Sebenarnya zebra sebagai pengatur jalanan di La Paz ini merupakan sebuah program dari pemerintah setempat untuk memperbaiki system lalu lintas dan mengurangi angka kemacetan yang ada di kota ini. Dipilihnya zebra berasal dari symbolzebra cross, dikarenakan masyrakat Bolivia yang sering menyebrang tidak pada tempatnya.


Pastinya kalian yang sudah mengetahui bukan beberapa fakta unik dan menariknya dari kota La Paz yang tidak akan dapat kalian temui di kota lainnya. semoga bisa menambah pengetahuian kalian mengenai dunia dari negara lainnya ya. Masukkan ini ke dalam Tips Perjalanan dan List Perjalanan kamu tentunya saja agar kalian yang tidak kehabisan destinasi perjalanan berikutnya. 

No comments:

Post a Comment

Post Top Ad

Responsive Ads Here