Megahnya Bangunan Lawang Sewu Yang Sejarah Panjang - AYUK TRAVELING

Breaking


AONQQ KAKIQQ IBLISQQ BWINQQ

Post Top Ad

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Wednesday, March 13, 2019

Megahnya Bangunan Lawang Sewu Yang Sejarah Panjang



 Related image

Kali ini AyukTraveling yang akan mengajak kalian semua kembali mengingat zaman dahulu keberadaan bangunan tua berusia lebih dari 100 tahun di jantung kota Semarang ini gak akan bisa lepas dari sejarah panjang yang melingkupinya. Didirikan pada tahun 1904, tujuan awal pembangunan gedung Lawang Sewu ini adalah sebagai kantor pusat Nederland-Indesche Spoorweg Maatschapplj atau NIS, yang merupakan salah satu perusahan kereta api di Hindia Belanda.

Sebelum berkantor di Lawang Sewu, kantor pusat NIS mulanya terletak di Stasiun Semarang Gudang. Namun, karena aktifitas operasional NIS yang semakin berkembang, kian lama kantor di Stasiun Semarang Gudang kiantak mampu lagi menampung tambahan personel. Sebagai solusi, maka dicarilah lahan kosong untuk membangun gedung kantor pusat baru bagi NIS. Di ujung jalan yang kini bernama jalan Pemudalah bangunan tersebut didirikan, yang kini familier dengan nama  Lawang Sewu.



Ini 6 Potret Megah Bangunan Lawang Sewu yang Menyimpan Sejarah Panjang

Lawang Sewu telah mengalami banyaknya perubahan fungsi sejak pertama kali didirikannya
Sebelum yang resmi di buka untuk umum pada Juli 2011, gudang Lawang Sewu telah banyak digunakan untuk berbagai kepentingan. Saat Jepang mengambil alih bangunan berlantai tiga ini dari tangan Belanda di tahun 1942, Lawang Sweu sempat di manfaatkan sebagai lokasi pengawasan tentara Jepang, ruang penjara, serta tempat penyiksaan penduduk Indonesia yang berstatus tahanan.
Setelah Indonesia yang akhirnya mengikrarkan kemerdekaan, bangunan megah hasil rancangan arsitek asal Amsterdam ini, Prof. Jacob F. Klinkhamer dan B.J. Quendag ini kemudian beberapa kali digungsikan menjadi sebuah bangunan kantor. Sebutlah kantor Djawatan Kereta Api Repoeblik Indonesia (DKARI) atau sekrang yang disebut dengan PT Kereta Api Indonesia, Kantor Badan Prasarana Komando Daerah Militer (kodam IV/Diponegoro), dan Kantor Wilayah (kanwil) Kementerian Perhubungan Jawa Tengah.



Ini 6 Potret Megah Bangunan Lawang Sewu yang Menyimpan Sejarah Panjang

 Lawing Sweu yang dibuka untuk umum dari Jam 7 pagi hingga 9 malam
Nah, yang paling menariknya, jadwal kunjungan wisatawan gak Cuma terpatok pada siang hari saja, namun akan bisa dilakukan pada malam hari sampai pukul 21.00. wah, apakah kamu berani mengunjungi Lawang Sewu di kala malam setelah tahu bahwa bangunan tersebut masih kental dengan keangkerannya? Tenang, karena telah melalui proses pemugaran dan renovasi, kini gedung tua tersebut sama sekali gak tampak menyeramka seperti dahulu kala kok. Yang ada justru sebaliknya, wajah baru Lawang Sewu terlihat semakin cantic dan megah ketika kamu datang berkunjung di malam hari.
Saat malam, puluhan bahkan raturan lampu yang ada di dalam maupun di luar gedung Lawang Sewu akan menyala terang yang menjadikan setiap sudut bangunan menjadi spot yang sangat menarik dan instagenic untuk di potret. Nuansa inilah yang gak akan bisa kamu nikmati jika kamu datang pada siang hari. Idolaqiu.id



Ini 6 Potret Megah Bangunan Lawang Sewu yang Menyimpan Sejarah Panjang

Dulu kala, Lawang Sewu dikenal sebagai salah satu gedung paling mistik di kota Semarang
Sebelum resmi dijadikan sebuah obyek wisata, dari kawasan Tugu Muda, gedung yang dijuluki”seribu pintu” ini yang sama sekali tidak menerima pengunjung. Kondisi bangunannya sendiri terlihat sangat tua meski konstruksinya yang masih terbilang cukup kuat. Terlebih dikala malam hari, sama sekali tidak terlihatnya sebuah penerangan dari arah gedung yang bediri di atas lahan seluas 14.216 meter persegi ini. gak heran bila nuansa mistis dan menyeramkan sempat akan melekat kuat pada bangunan Lawang Sewu. Tetapi untuk sekrang ini tempat Lawang Sewu yang dulu sama yang sekarang ini sudah sangat berbeda jauh sekali.

Kini, setiap sudut di Lawang Sewu adalah bangunan tua yang bersejarah dan megah yang cantiknya tak terkira. Sempatan untuk berkunjung di kala malam hari untuk menemukan suasana yang berbeda disini, berani ?


No comments:

Post a Comment

Post Top Ad

Responsive Ads Here