Mengenal dan Mengetahui Khao San Road, Bangkok. - AYUK TRAVELING

Breaking


AONQQ KAKIQQ IBLISQQ BWINQQ

Post Top Ad

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Saturday, November 3, 2018

Mengenal dan Mengetahui Khao San Road, Bangkok.


Mengenal dan Mengetahui Khao San Road, Bangkok.Related image



Nama “Khao San Road” (atau “Khaosan Road”) beberapa kali disebut dalam buku “The Beach” karya Alex Garland, yang telah di adaptasi menjadi sebuah film berjudul sama dan dibintangi oleh Leonardo diCaprio (The Beach/2000). Dalam buki dan film tersebut, Khao San Road digambarkan sebagai sebuah jalan yang menjadi surga bagi para backpackers dari seluruh dunia.


Opini tersebut tidak salah, tapi juga tidak sepenuhnya benar. Khao San Road memang dikenal sebagai surganya backpacker yang mengunjungi Bangkok. Di sana, kalian dapat bertemu dengan backpacker dari berbagai penjuru dunia, dan semuanya melebur jadi satu dalam atmosfir Khao San Road.



Namun dewasa ini, seiring dengan berkembangnya Khao San Road sebagai salah satu destinasi wisata populer di Bangkok, tempat ini tak lagi dikenal sebagai surga backpacker semata. Dewasa ini, kalian dapat menemukan berbagai jenis wisatawan berkumpul di Khao San Road, mulai dari backpacker, budget traveller, hingga traveller yang lebih terbiasa dengan koper dibanding ransel.


Khao San Road

Related image
Khao San Road


Khao San Road sendiri merupakan nama jalan yang terletak di Distrik Phra Nakhon di Banglamphu. Sejarah Khao San Road dimulai sejak tahun 1892, saat jalan itu mulai dibangun pada masa kekuasaan Rama V. Nama ‘Khaosan’ sendiri dapat diterjemahkan sebagai ‘penggilingan padi’, karena dulunya kawasan ini memang merupakan sebuah kawasan tempat perdagangan padi.

Bisnis pertama yang berdiri di sekitar Khao San Road adalah sebuah penginapan, yang tujuan awalnya adalah untuk menyediakan tempat menginap bagi mereka yang ingin berbisnis di daerah tersebut. Kemudian muncul beberapa toko yang menjual aksesoris dan souvenir keagamaan, sehingga Khao San Road sempat pula dikenal sebagai “religious road” alias “jalan religi”. Lama kelamaan, muncul toko-toko lain yang menjual bermacam hal, serta hotel-hotel komersial lainnya, disusul dengan munculnya berbagai fasilitas lain seperti restoran, bar, dan sebagainya.

Rumor tentang Khao San Road yang kerap dikunjungi oleh banyak wisatawan karena memiliki “fasilitas cukup lengkap tapi murah” pun terus berkembang, hingga akhirnya dalam 20 tahun terakhir inilah Khao San Road kemudian dikenal sebagai surganya backpacker di Bangkok.


Daya Tarik Khao San Road

Image result for khao san road


“The Khao San Road is a decompression chamber between east and west. It’s where you learn to breathe car fumes and tropical air for the very first time, or else carefully rearrange your memories before you catch your flight home” – taken from The Beach (movie)/2000

Saat ini, Khao San Road memang dikenal sebagai surganya backpacker di Bangkok. Namun sebetulnya, apa sih yang membuat jalan sepanjang 410 meter ini begitu menarik perhatian backpacker dan juga wisatawan lain pada umumnya? Mari mulai mengenal Khao San Road dari situasi keseluruhan di jalan tersebut.

Khao San Road mungkin nggak sepanjang jalanan lain di Bangkok. Tapi di jalan ini bertabur semua yang dicari oleh wisatawan, khususnya backpacker dan budget traveller. Ada aneka penginapan murah, penginapan kelas menengah, bermacam restoran, tempat pijat, toko buku, toko tato, toko souvenir, sebut saja!

Dengan kata lain, kawasan ini bertabur aneka fasilitas yang dibutuhkan oleh backpacker dan budget traveller. Menariknya, aneka fasilitas tersebut umumnya bisa kalian dapatkan dengan harga yang sangat, sangat bersahabat dengan kantong, alias murah meriah.

Di Khao San Road, kalian juga dapat menemukan berbagai agen travel yang bisa membantu merencanakan agenda wisata kalian selama berada di Bangkok maupun kota lainnya di Thailand.

Bahkan jika kalian mendadak secara impulsif ingin bepergian ke negara lain, kalian juga membeli berbagai tiket di travel agent tersebut, maupun membantu untuk mengurus visa (mungkin tidak berlaku untuk semua negara). Lagi-lagi semua itu bisa kalian dapatkan dengan biaya jasa yang cukup terjangkau, dan itulah yang membuat Khao San Road sangat menarik bagi backpacker dan budget traveller.

Daya tarik lain dari Khao San Road terletak pada lokasinya. Jalan ini hanya berjarak kurang lebih 1 kilometer dari wilayah kota tua Bangkok. Otomatis beberapa obyek wisata terpopuler di Bangkok – seperti Grand Palace, Wat Phra Kaew, dan Bangkok National Museum – pun berada dalam jarak tempuh pejalan kaki (jika berangkat dari Khao San Road).

Fakta tersebut membuat Khao San Road menjadi basecamp ideal bagi mereka yang ingin mengeksplorasi kawasan kota tua, maupun jika ingin mengunjungi aneka obyek wisata lain yang lokasinya nggak jauh dari kota tua.

Last but not least, Khao San Road juga terkenal akan kehidupan malamnya yang sangat meriah. Jalan ini memiliki beberapa klab malam dan bar yang sanggup membuat para party goers bahagia. Tak hanya itu saja, suasana jalan di Khao San Road saat malam hari pun cukup meriah.

Para pedagang makanan akan berbondong-bondong membuka kios di jalan, dan menarik para pejalan kaki untuk sekedar duduk-duduk sambil berdiskusi dengan traveller lainnya. Kadang ada saja wisatawan yang membeli aneka minuman beralkohol dari mini market setempat, dan kemudian menggelar pesta sendiri di jalanan; membuat suasana malam di Khao San Road tak pernah lepas dari kata ‘meriah’.


Yang Harus Dilakukan di Khao San Road

Related image


Khao San Road memang selalu ramai sepanjang hari. Namun semakin malam, tingkat keramaian di Khao San Road akan semakin menggila. Suasana pun akan semakin hidup, makin meriah, dan tentu saja makin menggila.

Jika kalian memang pecinta suasana hingar bingar, jangan sia-siakan malam di Khao San Road dengan tidur manis di dalam hostel. Berjagalah, dan ikut larutlah dalam berbagai kemeriahan malam di Khao San Road. Oke, mayoritas club memang akan tutup pada jam 02.00 dini hari.


Namun kemeriahan pesta kadang berlanjut di jalanan. Kalian bisa berbaur dengan banyak orang baru, mencari kenalan baru, bertemu dengan orang-orang dari berbagai latar belakang (mulai dari lady boy hingga pendeta), atau malah sekalian menjadi salah satu bintang dalam suasana pesta di Khao San Road. Beberapa traveller bahkan merekomendasikan agar kalian terus berjaga hingga pagi, karena pada saat itu kalian berkesempatan melihat para bhiksu yang tengah berjalan menuju kuil terdekat.


Mengelilingi Area Khao San Road

Related image



Khao San Road mungkin memang tidak terlalu panjang. Tapi sepanjang jalan ini dipenuhi dengan berbagai fasilitas menarik, mulai dari hostel, travel agent, hingga club dan bar. Suasana di siang hari dan malam hari pun cukup berbeda.

Jika di siang hari suasananya relatif lebih tenang, maka di malam hari Khao San Road ini akan terasa lebih hidup karena banyaknya lampu neon yang dinyalakan di sepanjang sisi jalan. Jika kalian mencari pengalaman wisata Khao San Road yang sesungguhnya, berjalan-jalan menyusuri Khao San Road bisa menjadi sebuah opsi wisata yang menyenangkan. Siapa tahu kalian akan menemukan sisi lain dari Khao San Road yang belum ditemukan oleh traveller lain.




Belanja Oleh-oleh Murah


Image result for khao san road


Khao San Road memiliki banyak sekali toko yang menjual aneka pakaian dan pernak-pernik yang cocok dijadikan oleh-oleh. Seperti halnya mayoritas toko di Bangkok, harga-harga disana pun terbilang murah meriah. Cocok untuk kalian yang tengah mencari oleh-oleh dalam jumlah banyak. Atau, untuk opsi lain, kalian bisa melirik Banglamphu Market yang nggak begitu jauh dari Khao San Road. mungkin itu saja yang bisa kami bagikan dari Mengenal dan Mengetahui Khao San Road, Bangkok. sekian dan terimakasih. 

No comments:

Post a Comment

Post Top Ad

Responsive Ads Here