Negara yang Memiliki Gunung Berapi Terbanyak di Dunia, Termasuk Indonesia? - AYUK TRAVELING

Breaking


AONQQ KAKIQQ IBLISQQ BWINQQ

Post Top Ad

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Saturday, September 12, 2020

Negara yang Memiliki Gunung Berapi Terbanyak di Dunia, Termasuk Indonesia?



Gunung berapi dikategorikan sebagai bencana alam ketika berubah menjadi aktif dengan mengeluarkan material berupa apu, gas atau lava. Tidak jarang juga aktivitas tersebut menyebabkan bencana alam seperti tsunami dan gempa. Ring of fire yang membentang dari Samudra Atlantik hingga Mediterania dan mengelilingi Indonesia ialah lokasi yang dihuni oleh gunung berapi aktif. Tidak heran jika Indonesia yang notabene dikelilingi cincin api fasifik tersebut kerap tertimpa bencana. Namun, Indonesia bukanlah negara dengan jumlah gunung berapi terbanyak di dunia. Melansir dari World Atlas, inilah beberapa daftar negara yang memiliki gunung berapi terbanyak di dunia. 


Amerika Serikat 

Daftar Gunung Berapi Yang Masih Aktif Sampai Sekarang – DOGMEATTRADE

Amerika Serikat menduduki peringkat pertama yang memiliki gunung berapi terbanyak di dunia, yakni sebanyak 173. Gunung berapi yang terdapat di Amerika Serikat tersebut terdapat di Alaska dan Hawaii. Letusan gunung berapi di Alaska hampir setiap tahun terjadi. Bahkan gunung berapi yang terdapat di Hawaii, yakni gunung Kilauea dikategorikan sebagai gunung berapi paling aktif di dunia karena meletus terus menerus sejak tahun 1983.


Rusia

Gunung Api Rusia Bangun dari Tidur dan Bisa Meletus Kapan Saja - Erabaru

Peringkat kedua yang diduduki oleh Rusia dengan jumlah 166 gunung berapi. Sisi timur yakni semenanjung Kamchatka ialah konsentrasi terbesar gunung berapi di negara tirai besi yakni sebanyak 29 gunung berapi. Sementara itu, Poker Online Terbaik sebelah utara dihuni oleh Klyuchevskaya Sopka yang notabene gunung berapi dengan ketinggian 15.584 mdpl. Gunung berapi yang dikategorikan tidak aktif lagi pun, Bolshaya Udina Mengeluarkan aktivitas seismic pada tahun 2017.


Islandia 

Kenapa Islandia Disebut Negerinya Api dan Es, ya? #AkuBacaAkuTahu - Semua  Halaman - Bobo

Negara Islandia ialah rumah bagi 130 gunung berapi. Sebagian besar gunung berapi yang ada di Islandia terletak di Pematang Atlantik-Tengah (Mid-Atlantic Ridge_. Sedangkan Greenland memiliki 30 gunung berapi dan 13 di antaranya telah melakukan aktivitas letusan sejak tahun 874M.


Indonesia

Tiga Letusan Gunung Berapi Indonesia yang Mengguncang Dunia - Citizen6  Liputan6.com

Bencana lama berupa gunung meletus ialah hal yang sering terjadi di Indonesia mengingat letak geografisnya dilingkari ring of fire. Indonesia ialah rumah bagi 139 gunung berapi. Gunung Merapi dan Kelud ialah dua gunung berapi yang paling Poker Terpercaya aktif di pulau Jawa. Tercatat dalam sejarah, meletusnya gunung Tambora, Sumbawa pada tahun 1815 ialah peristiwa ledakan gunung berapi terdahsyat di dunia. Peristiwa inipun membawanya hingga ke Eropa. 


Jepang

Inilah 5 Gunung Api di Jepang yang Paling Berbahaya | Japanesestation.com

Sama seperti Indonesia, Jepang ialah negara yang masuk ek dalam lingkaran ring of fire. Oleh karenanya, bencana alam seperti meletusnya gunung berapi ialah hal yang biasa terjadi di negara matahari terbit ini. Jepang dihuni oleh 112 gunung berapi dan menduduki peringkat kelima terbanyak di dunia. Peristiwa menyedihkan akibat aktivitas gunung berapi pun pernah menimpa Jepang, salah satunya pada tahun 1792, yang dimana gunung Unzen pada tahun tersebut meletus dan memakan korban jiwa sebanyak 14.300 orang. Gunung Fuji, Gunung Sakurajima, gunung Asama, gunung Shinmoedake, dan gunung Aso ialah beberapa gunung di Jepang yang dikategorikan paling berbahaya.


Maka itulah beberapa daftar negara yang memiliki jumlah gunung berapi terbanyak di dunia. Bencana alam seperti meletusnya gunung berapi tidak dapat dilepaskan dari kehidupan kita. Namun menjaga kelestarian alam agar peristiwa berupa bencana tidak terjadi ialah hal yang wajib untuk kita lakukan. Jangan lupa untuk memasukkan ini ke dalam List dan Tips Perjalanan kalian selanjutnya ya.

No comments:

Post a Comment

Post Top Ad

Responsive Ads Here