- AYUK TRAVELING

Breaking


AONQQ KAKIQQ IBLISQQ BWINQQ

Post Top Ad

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Sunday, October 27, 2019

Image result for Tashkent, Uzbekistan"

Stasiun metro di Moskow, Rusia ini sudah terkenal akan keindahan arsitekturnya. Namun, tahukah kamu jika stasiun metro di Tashkent, Uzbekistan juga tidak kalah canti. Di kota tersebut akan terdapat 29 stasiun metro dengan desain yang berbeda-beda. Sulunya, stasiun-stasiun ini juga berfungsi sebagai tempat pengungsian seandainya terjadi serangan bom nuklir. Demi keamanan, pemerintah Uzbekistan melarang pengunjung untuk mengambil foto maupun video. Dari 29 stasiun di Tashkent, maka berikut ini beberapa stasiun metro tercantik yang wajib kamu kunjungi!


Stasiun Novza

9 Stasiun Metro Tersembunyi dan Indah di Tashkent, Uzbekistan

Stasiun Novza yang dibuka pada tanggal 6 November 1977 dengan anma Hamza.meskipun lawas, namun dekorasi di stasiun ini tidak ketinggalan jaman. Malah terlihat sangatlah modern. Seperti yang bisa dilihat di foto. Desain stasiun ini sebenarnya sangat minimalis. Langit-langitnya yang agak rendah dan didekorasi dengan kerangka berbentuk heksagonal. Pengaturan pencahayaan sangatlah pending di stasiun ini. 
Stasiun Alisher Navoiy

9 Stasiun Metro Tersembunyi dan Indah di Tashkent, Uzbekistan

Stasiun ini didedikasikan untuk Alisher Navoly atau Ali-Shir Nava’I, seorang penyair, politisi dan pelukis. Tokoh ini memiliki pengaruh besar pada budaya literasi dan sastra Uzbekistan dan negara-negara Asia Tengah. Alisher Navoiy ialah seorang muslim, karena itu stasiun ini memiliki sentuhan arsitektur Islam yang biasa kamu temukan di Masjid. Kalau kamu yang penasaran, maka kamu yang bisa melihat karyanya yang ada di dalam stasiun ini. aonqq1.biz


Stasiun Bodomzor 

9 Stasiun Metro Tersembunyi dan Indah di Tashkent, Uzbekistan

Bodomzor ialah salah satu stasiun yang paling baru di Uzbekistan. Stasiun ini baru di buka pada 2001. Desainnya yang futuristic membuat kamu merasa seolah berada di sebuah laboratorium di film science-fiction. Langit-langitnya didominasikan dengan warna putih serta pola geometri berwarna biru muda. Lingkaran-lingkaran yang kamu lihat di tengah-tengah geometri tersebut ialah keramik dengan pola bunga dan daun yang cantik.


Stasiun Gafur Gulom

9 Stasiun Metro Tersembunyi dan Indah di Tashkent, Uzbekistan

Stasiun Gafur Gulom didekorasi oleh seniman S. Sultonmuradov dengan menggunakan marmer, batu granit, logam, dank aca. Dominasi warna toska membuat stasiun ini terlihat mewah sekaligus misterius. G’afur G’ulom yang namanya diabadikan di stasiun ini ialah seorang sastrawan yang paling berpengaruh di Uni Soviet pada abad ke-20. Ia banyak menulis mengenai perang pada masa Perang Dunia II. idolaqiu.id


Selain stasiun-stasiun di atas, maka masih ada banyaknya stasiun di Tashkent yang memiliki desain yang unik dan keren tentunya saja akan penuh dengan sejarah. Kapan kamu berencana untuk berkunjung? Masukkan ini dulu ke dalam list perjalananmu ya!

No comments:

Post a Comment

Post Top Ad

Responsive Ads Here