Dulu Dikenal Sebagai Honduras Britania, Inilah Beberapa Fakta Unik Negara Belize - AYUK TRAVELING

Breaking


AONQQ KAKIQQ IBLISQQ BWINQQ

Post Top Ad

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Monday, November 9, 2020

Dulu Dikenal Sebagai Honduras Britania, Inilah Beberapa Fakta Unik Negara Belize

 Dulu Dikenal Sebagai Honduras Britania, Inilah Beberapa Fakta Unik Negara Belize



Belize merupakan sebuah negara kecil dengan luas wilayah kurang lebih 22,965 kilometer persegi yang terletak di pesisir timur Amerika Tengah. Negara yang ibu kotanya ada di Belmopan tersebut akan berbatasan dengan Meksiko di sebelah utara, Guatemaala di sebelah selatan dan barat serta Laut Karibia di sebelah timur. Negara Belize memproklamasikan kemerdekaannya pada tanggal 21 September 1981. Namun, sebelumnya pada tahun 1862 negara ini bernama Honduras Britania dan menjadi koloni dari Britania. Nah, untuk mengetahui lebih jauh lagi mengenai Belize, berikut ini ialah beberapa fakta uniknya yang perlu kamu ketahui.


Pernah menjadi ibu kota kerajaan Maya kuno



Jauh ratusan tahun yang lalu sebelum para penjajah Eropa datang, Belize merupakan tempat berdirinya kerajaan Maya kuno. Hingga saat ini tercacat ada lebih dari 900 situs suci dan sisa reruntuhan kerajaan Maya yang bisa dikunjungi oleh para wisatawan.


Baca Juga : Destinasi di Dunia Yang Konon Ditinggali Monster, Mitos atau Fakta?


Satu-satunya negara yang memiliki cagar alam khusus jaguar di dunia



Belize dan kawasan Amerika tengah merupakan habitat bagi sebagian populasi kucing besar seperti jaguar dan puma. Saat ini hanya Belize-lah yang menjadi satu-satunya negara di dunia dengan cagar alam yang khusus didedikasikan untuk melestarikan jaguar. Cagar alam tersebut bernama Cagar Alam Cockscomb dan Cagar Jaguar.


Bahasa Inggris ialah menjadi bahasa resminya



Pernah menjadi koloni Inggris selama 200 tahun lebh menjadikan bahasa Inggris sebagai bahasa resmi negara Beliza. Lebih dari 80% populasi penduduk Beliza berbicara dalam bahasa Inggris. Sementara itu sisanya ada yang dengan menggunakan bahasa Garifuna, Maya, Spanyol, dan Creole.


Memiliki Great Blue Hole



Great Blue Hole ditemukan oleh ahli biologi kelautan terkenal yang bernama  Jacques Cousteau. Great Blue Hole merupakan tempat menyelam yang unik di tengah karang lepas pantai dan menjadi salah satu dari sepuluh tenpat menyelam terbaik yang ada di dunia.


Baca Juga : Kagum! Beberapa Negara Dengan Lingkungan Terbersih di Dunia


Penduduknya sangatlah ramah



Memiliki wilayah yang hanya seluas Massachusetts, negara Belize dihuni oleh sekitar 355 ribu orang. Hal tersebut yang menjadikan Belize sebagai salah satu negara yang kepadatan penduduknya terendah di dunia. Penduduk Belize juga terkenal sangat ramah pada para pendatang. Wajar banyak wisatawan yang betah berlibur ke negara ini. 


Maka itulah beberapa fakta unik mengenai negara Belize, apakah kamu yang tertarik untuk mengunjunginya? Jangan lupa untuk memasukkan ini ke dalam List Perjalanan kalian selanjutnya ya!

No comments:

Post a Comment

Post Top Ad

Responsive Ads Here